Thursday, 23 August 2018 04:33

Sembilan Tren Teknologi dalam Industri 4.0 (Part 1)

Written by

Munculnya teknologi industri digital baru, yang dikenal sebagai Industri 4.0, adalah transformasi yang memungkinkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data di seluruh mesin, memungkinkan proses yang lebih cepat, fleksibel, dan efisien untuk menghasilkan barang-barang berkualitas lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah. Revolusi manufaktur ini akan meningkatkan produktivitas, mendorong pertumbuhan industri, dan mengubah profil tenaga kerja yang pada akhirnya mengubah daya saing perusahaan.

Teknologi digital yang canggih sebenarnya telah diterapkan di bidang manufaktur, tetapi Industri 4.0 akan menghasilkan efisiensi yang lebih besar dan mengubah hubungan tradisional di antara pemasok, produsen, dan pelanggan, serta antara manusia dan mesin. Berikut sembilan tren teknologi yang menjadi blok pembentuk Industri 4.0 (Part 1):

 

  1. Big Data and Analytics

Dalam konteks Industri 4.0, pengumpulan dan evaluasi data dalam jumlah yang sangat besar dan menyeluruh dari berbagai sumber yang berbeda, diantaranya peralatan dan sistem produksi serta sistem manajemen perusahaan dan pelanggan, akan menjadi standar untuk mendukung proses pengambilan keputusan secara real time.

 

  1. Autonomous Robots

Robot akan memainkan peranan penting dalam industri 4.0 dan pada akhirnya akan berinteraksi satu sama lain serta bekerja berdampingan dengan manusia dan belajar dari mereka. Robot dalam industri 4.0 ini akan lebih murah dan memiliki kapabilitas yang lebih besar daripada yang digunakan dalam manufaktur saat ini.

 

  1. Simulation

Teknologi Simulasi akan digunakan lebih luas dalam operasional pabrik dengan memanfaatkan data real-time dan memodelkan dunia fisik secara virtual, yang mencakup mesin, produk, dan manusia. Hal ini memungkinkan operator untuk menguji dan mengoptimalkan pengaturan alat berat di dunia maya sebelum diterapkan secara aktual. Dengan demikian, waktu untuk melakukan setting mesin dapat dipercepat dan kualitas produksi dapat lebih ditingkatkan.

 

  1. Horizontal and Vertical System Integration

Pada industri 4.0, perusahaan, departemen, fungsi, dan kapabilitas akan menjadi jauh lebih kohesif dan terintegrasi. Jaringan integrasi data lintas perusahaan juga akan berevolusi dan memungkinkan rantai nilai yang benar-benar otomatis.

 

  1. The Industrial Internet of Things

Industri 4.0 berarti bahwa lebih banyak perangkat, bahkan termasuk produk yang sedang diproduksi, akan diperkaya dengan proses komputerisasi. Hal ini akan memungkinkan perangkat di lapangan untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain dengan controller yang lebih terpusat. Ini juga akan mendesentralisasikan proses analitik dan pengambilan keputusan sehingga dapat memberikan respons yang real-time.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.