Sembilan Tren Teknologi dalam Industri 4.0 (Part 2)

Written by

Munculnya teknologi industri digital baru, yang dikenal sebagai Industri 4.0, adalah transformasi yang memungkinkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data di seluruh mesin, memungkinkan proses yang lebih cepat, fleksibel, dan efisien untuk menghasilkan barang-barang berkualitas lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah. Revolusi manufaktur ini akan meningkatkan produktivitas, mendorong pertumbuhan industri, dan mengubah profil tenaga kerja yang pada akhirnya mengubah daya saing perusahaan.

Teknologi digital yang canggih sebenarnya telah diterapkan di bidang manufaktur, tetapi Industri 4.0 akan menghasilkan efisiensi yang lebih besar dan mengubah hubungan tradisional di antara pemasok, produsen, dan pelanggan, serta antara manusia dan mesin. Berikut sembilan tren teknologi yang menjadi blok pembentuk Industri 4.0 (Part 2):

6. Cyber Security

Dengan peningkatan konektivitas dan penggunaan protokol komunikasi standar dalam industri 4.0, kebutuhan untuk memproteksi sistem industri dan manufaktur dari ancaman cybersecurity menjadi semakin krusial. Hal ini juga menyebabkan komunikasi yang aman, andal, serta pengelolaan akses terhadap mesin dan pengguna harus lebih ditingkatkan dalam hal proteksinya.

 

7. The Cloud

Seiring berkembangnya industry 4.0, lebih banyak kegiatan terkait produksi yang akan membutuhkan peningkatan data sharing antar situs, departemen, dan perusahaan. Pada saat yang sama, kinerja teknologi cloud akan meningkat, mencapai waktu respons yang hanya membutuhkan beberapa milidetik. Hasilnya, data dan fungsionalitas mesin akan semakin banyak menggunakan teknologi cloud, yang memungkinkan lebih banyak layanan berbasis data untuk sistem produksi.

 

8. Additive Manufacturing

Saat ini, perusahaan telah mulai mengadopsi manufaktur aditif, seperti 3-D printing, yang kebanyakan digunakan untuk membuat prototipe dan memproduksi komponen-komponen individual. Dalam industri 4.0, metode manufaktur aditif ini akan digunakan secara lebih luas untuk menghasilkan sejumlah produk customized dan memberikan keuntungan konstruksi, terutama pada produk dengan desain yang rumit dan ringan.

 

 9. Augmented Reality

Sistem berbasis Augmented-Reality mendukung berbagai layanan, seperti memilih bagian di gudang dan mengirim instruksi perbaikan melalui perangkat seluler. Pengembangan sistem ini saat ini masih dalam tahap awal, tetapi di masa depan, perusahaan akan menggunakan system augmented reality yang lebih luas untuk menyediakan informasi yang real-time kepada pekerja guna meningkatkan pengambilan keputusan dan prosedur kerja.

 

Perusahaan tentunya akan menghadapi tantangan berat dalam penerapan teknologi-teknologi baru ini. Untuk membangun dan mempertahankan keunggulan menuju implementasi penuh, perusahaan perlu memperluas dan memperdalam pengetahuan praktis mereka tentang teknologi digital dan proses-proses terkait, untuk kemudian mengembangkan dan menerapkan strategi manufaktur digital yang disesuaikan dengan keadaan perusahaan.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.